Home » » PENGGUNAAN OBAT PADA WANITA HAMIL DAN MENYUSUI

PENGGUNAAN OBAT PADA WANITA HAMIL DAN MENYUSUI

Written By Unknown on 4.12.13 | 4.12.13


Wanita hamil
Pemberian obat pada wanita hamil sebaiknya dihindari karena pemberian zat-zat kimia kadang dapat membahayakan perkembangan janin. Kebanyakan obat ikut masuk ke janin melalui peredaran darah ibu lewat ari-ari (plasenta). Selain obat yang digunakan harus aman, juga perlu diperhatikan obat yang berpengaruh buruk pada janin pada masa kehamilan atau pada kondisi tertentu. Bila sedang hamil atau berencana untuk hamil, mintalah nasihat dokter sebelum meminum obat apapun yang dapat dibeli bebas sekalipun. Bila ada penyakit tertentu atau kronis yang pengobatannya membutuhkan waktu lama, maka dokter akan memberikan obat yang paling aman dan sesuai selama kehamilan. Jangan minum alkohol atau merokok, karena hal tersebut terbukti berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

Wanita menyusui
Sama seperti pada wanita hamil, begitu pula dengan wanita menyusui. Obat-obatan dapat masuk ke janin melalui air susu ibu (ASI). Pada wanita menyusui, pemberian obat dilakukan bila memang sangat diperlukan atau tidak ada obat aman lainnya. Apabila harus meminum obat yang dapat mempengaruhi bayi kita, maka ASI dapat digantikan dengan susu botol. Bila nanti ASI akan diberikan lagi, maka sebaiknya keluarkan terus ASI yang ada secara rutin, sehingga ASI terus diproduksi walaupun tidak diberikan kepada bayi

Share this article :

Post a Comment

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : | |
Copyright © Syennyfu 2014. Seputar Kita, Tips dan Triks - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger