Home » » Bakso Ikan Saus Nanas

Bakso Ikan Saus Nanas

Written By Unknown on 7.11.14 | 7.11.14




Bakso dapat beragam bahan utama yang digunakan bukan saja daging sapi. Salah satunya berbahan dasar ikan, namun bakso ikan ini masih kurang pamornya dibandingkan "eyangnya" yaitu bakso sapi. Mungkin juga dikarenakan rasa amis dari ikan yang terasa kental membuat sebagian masyarakat kurang meminatinya.


Namun bila diukur dari kandungan gizi dan protein, bakso ikan ini lebih baik dibandingkan dengan bakso sapi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan protein bagi tubuh mengapa tidak kita membuat bakso ikan sebagai alternatif pemenuhan gizi dan protein bagi anggota keluarga kita. Tetapi kita tentunya harus pandai-pandai menyiasati agar rasa amis dari ikan tidak terasa kental, sehingga anggota keluarga kita yang kurang menyukai olahan ikan menjadi suka.


Bagaimana jika kita membuat bakso ikan dengan perpaduan saus yang terbuat dari buah nanas. Selain sebagai alternatif dari penyajian bakso yang lain dari biasanya dimana secara umum, bakso disajikan dengan kuah kaldu. Saus nanas ini berfungsi sebagai penetral rasa amis dari ikan dan juga tujuan kita selain itu adalah menambah asupan serat bagi tubuh.


Untuk mengolah dan bahan-bahan yang dibutuhkan, disajikan di bawah ini.


Bahan utama:

500 gr daging ikan kakap, dipotong kecil-kecil

1 butir telur

100 ml air es

75 gr tepung maizena

25 gr tepung terigu

200 gr nanas kupas, dipotong dadu.


Bumbu:

3 siung bawang putih, dihaluskan

1 sdt merica bubuk

1 sdt kecap ikan

1 sdm minyak wijen

1 sdm garam

1 sdt gula putih

¼ sdt penyedap rasa


Sambal Nanas:

10 buah cabai merah keriting, dihaluskan

5 buah cabai rawit merah, dihaluskan

75 gr nanas kupas, parut

100 ml kaldu ikan

½ sdt garam

1 sdt gula putih



Cara membuat


Kupas nanas dari kulitnya, bagilah untuk bahan isi dan bahan sambal sesuai jumlah yang diperlukan. Untuk bahan isi, potong-potong nanas berbentuk dadu. Sedang untuk bahan sambal, parutlah nanas.


Campur daging ikan kakap, telur, air es, dan bumbu, haluskan dengan menggunakan food processor agar tercampur rata dan juga bahan menjadi halus.


Kemudian masukkan tepung maizena dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus di aduk, tuang adonan ke dalam mangkuk kaca.


Ambil adonan secukupnya, pipihkan. Beri potongan nanas, lalu tutup dengan adonan sambil dibentuk bulat. Masukkan ke dalam air yang sedang mendidih. Biarkan hingga terapung, angkat, tiriskan. Hidangkan bakso dengan saus nanas.


Sambal nanas

Campur semua bahan sambal, blender hingga tercampur rata dan agak halus. Masak bahan-bahan tersebut hingga mengental, angkat.
















































































































Share this article :

+ komentar + 1 komentar

May 2, 2019 at 3:23 PM

makasih resepnya bakal dicoba

hand rem

Post a Comment

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : | |
Copyright © Syennyfu 2014. Seputar Kita, Tips dan Triks - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger