Home » » Saat Rasa Khawatir Menerpa

Saat Rasa Khawatir Menerpa

Written By Unknown on 11.11.14 | 11.11.14




Tuhan, tempat aku berteduh
Dimana aku mengeluh dengan segala peluh


Tuhan, Tuhan Yang Maha Esa
Tempat aku memuja dengan segala doa


Aku jauh, Engkau jauh
Aku dekat, Engkau dekat
Hati adalah cermin
Tempat pahala dan dosa bertarung


Untaian kalimat di atas adalah beberapa bait syair lagu tentang Tuhan yang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Bimbo, grup musik legendaris asal kota kembang Bandung.


Persis seperti bait dalam syair tersebut, biasanya disaat keadaan sedang tidak menentu dan sepertinya tidak ada lagi jalan keluar, kita merasa Tuhan jauh dari kehidupan. Perasaan seperti itu akan muncul manakala rasa khawatir sedang memuncak, menyelubungi hari-hari.


Orang-orang yang diliputi kekhawatiran, hidup di alam masa depan. Mereka terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan apa yang mungkin terjadi dan mengkhawatirkan hal terburuk yang mungkin terjadi. Yang pada kenyataannya belum tentu terjadi.


Apa yang kita khawatirkan?

Kadang kala dikatakan bahwa kekhawatiran adalah membawa masa yang akan datang ke masa kini. Kekhawatiran adalah hanyutnya pikiran karena membayangkan akibat menyakitkan yang mungkin terjadi. Biasanya kekhawatiran timbul karena salah satu dari ketiga kategori alasan berikut ini.

1. Ancaman-ancaman.

Bila Anda tinggal di daerah yang rawan kejahatan dan baru dapat pulang kerja setelah hari gelap, Anda dapat merasa khawatir akan dirampok. Anda merasa sangat lega setelah tiba di rumah dengan selamat dan mengunci pintu. Salah satu alasan mengapa orang merasa khawatir adalah karena mereka merasa terancam secara fisik.


2. Pilihan-pilihan.

Banyak orang merasa khawatir ketika harus memilih dua pilihan yang diperhadapkan. Dimana pilhan tersebut harus segera di putuskan.


3. Pengalaman-pengalaman di masa lampau.

Penyebab ketiga dari kekhawatiran adalah kejadian di masa lampau. Traumatik kejadian buruk yang terjadi di masa lalu yang menghantui disepanjang hidup.


Kekhawatiran adalah hanyutnya pikiran karena membayangkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Itu adalah bentuk ketakutan terhadap kemungkinan dipermalukan, menderita sakit, mengalami kehilangan, atau mendapat kesusahan. Hal ini memperhadapkan kita pada pilihan. Kita dapat memilih untuk menghindar dari sumber kekhawatiran itu, namun hal ini hanya akan menambah stres. Atau, kita dapat memilih untuk menghadapinya, bertindak dengan tepat, dan melupakannya.


Apa bila rasa khawatir beralih dari rasa prihatin yang sehat ke rasa khawatir yang menekan, akan sangat mempengaruhi kualitas hidup kita:

-. Sulit tidur karena terus-menerus memikirkan apa yang akan terjadi.

-.Diliputi rasa bersalah ketika sedang beristirahat.

-.Merasa takut akan sesuatu sepanjang waktu.

-.Merasa panik pada situasi-situasi tertentu.

-.Tidak mau mengevaluasi perasaan-perasaan kita.

-. Menyalahkan orang lain untuk segala sesuatu.

-. Memiliki rasa takut yang tak jelas akan kemungkinan terjadinya suatu musibah.


































Share this article :

+ komentar + 1 komentar

May 2, 2019 at 2:34 PM

selalu suka baca blog ini

air mineral terbaik

Post a Comment

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : | |
Copyright © Syennyfu 2014. Seputar Kita, Tips dan Triks - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger