Home » » Seputar Cabai

Seputar Cabai

Written By Unknown on 13.11.14 | 13.11.14


                    Sumber gambar: t0.gstatic.com

Makin pedas cabai banyak digemari orang. Bahkan beberapa orang merasa tidak nikmat, makan tanpa cabai. Banyak sekali jenis cabai di dunia ini. Dari segi warna saja sudah beragam. Ada yang berwarna merah mencolok, kuning, jingga, hijau, sampai warna ungu. Demikian pula bentuk dan rasanya. Beberapa cabai tersebut diantaranya:

Chili papper :  warnanya bermacam-macam, hijau, kuning, jingga, merah atau hitam. Rasa pedasnya terletak pada biji dan dagingnya. Untuk masakan tertentu, seperti pindang, cabai sengaja dibakar lebih dahulu hingga kehitaman agar keharumannya lebih aman.

Cherry papper: panjangnya 2-3 cm. Warnanya merah terang. Bentuknya tidak beraturan. Rasanya cukup pedas. Di negaranya, India Barat cabai jenis ini dijual segar sepanjang tahun.

Cayenne papper : sering diterjemahkan dengan cabai rawit. Namun menurut kamus Gastronomic, cabai ini berbentuk kurus, panjangnya 8 cm dan berwarna merah. Memiliki ketajaman rasa. Tumbuh di Amerika Selatan dan Perancis Selatan. Cabai ini dijual segar sepanjang tahun.

Bird papper: panjangnya tidak lebih dari 2 cm, berwarna tembaga dengan rasa pedas yang mencolok. Dijual dalam bentuk segar, juga kering, tumbuh di Afrika, Guyana, dan Meksiko.

Paprika : bentuknya besar, warnanya bisa hijau, bisa pula merah. Pedasnya tidak terlalu menyengat, namun memiliki keharuman yang khas. Rasanya cukup renyah hingga sering disajikan sebagai salad.


Untuk mengurangi rasa pedas, rendam cabai dalam air dingin yang dibubuhi garam selama beberapa saat. Atau buang bijinya. Karena rasa pedas cabai terletak pada bijinya. Cabai yang diasin/diacar juga kurang pedasnya. Disamping itu rasanya pun jadi segar. Bisa disantap sebagai teman mie goreng atau masakan yang berlemak.


Cabai dapat juga dikeringkan sebelum diolah, biasanya banyak terdapat di pasar namun ketersediaannya agak kurang. Kita dapat membuatnya sendiri. Gantung serenteng cabai, usahakan agar terkena sinar matahari secara langsung. Setelah kering, cabai dapat disimpan dalam kotak kedap udara di lemari pendingin. Cabai kering yang disimpan baik biasnya tahan cukup lama.


























Share this article :

+ komentar + 3 komentar

August 27, 2016 at 1:01 PM

tak enak kalau makan tidak di barengi cabe :)

May 2, 2019 at 2:33 PM

kesukaan banget ga bisa makan kalo ga pedes hehe

mobil buatan rusia

Post a Comment

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : | |
Copyright © Syennyfu 2014. Seputar Kita, Tips dan Triks - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger